Powered By Blogger

Rabu, 13 Mei 2015

KOMPUTASI MODERN PERMODELAN DUNIA NYATA DENGAN APLIKASI SIMULASI

apa itu QualNet ??

Pada postingan saya kali ini saya akan menjelaskan apa itu QualNet dan bagaimana konsep QualNet itu sendiri.
            QualNet adalah alat pemodelan untuk jaringan dengan kabel dan tanpa tabel. The QualNet suite dibentuk dari QualNet Simulator, yang mengklaim yang tercepat untuk pemodelan lalulintas tercepat.  QualNet Animator memungkinkan disain grafis mode jaringan dan menunjukkan hasil penjalanan simulasi. QualNet Designer dimungkinkan menciptakan Finite State Automata untuk menggambarkan perilaku jaringan, sementara dengan analisis dan perancang QualNet yang membuat simulasi jalan. Versi Windows dan Linux tersedia. Demo dapat downloaded atas permintaan.
            QualNet adalah perencanaan, pengujian dan alat pelatihan yang "meniru" perilaku jaringan komunikasi real. Simulasi adalah metode biaya-efektif untuk mengembangkan, menyebarkan dan mengelola sistem jaringan-centric sepanjang seluruh siklus hidup mereka. Pengguna dapat mengevaluasi perilaku dasar jaringan, dan menguji kombinasi dari fitur jaringan yang mungkin bekerja. QualNet menyediakan lingkungan yang komprehensif untuk merancang protokol, menciptakan dan menghidupkan skenario jaringan, dan menganalisis kinerja mereka.


QualNet terdiri dari komponen-komponen berikut:
  • QualNet Arsitek - Sebuah desain skenario dan visualisasi alat grafis. Dalam mode Design, Anda dapat mengatur medan, koneksi jaringan, subnet, pola mobilitas pengguna nirkabel, dan parameter fungsional lainnya dari node jaringan. Anda dapat membuat model jaringan dengan menggunakan intuitif, klik dan tarik operasi. Anda juga dapat menyesuaikan tumpukan protokol dari setiap node. Anda juga dapat menentukan lalu lintas lapisan aplikasi dan layanan yang berjalan pada jaringan. Dalam mode Visualisasikan, Anda dapat melakukan mendalam visualisasi dan analisis skenario jaringan yang dirancang dalam mode Design. Sebagai simulasi berjalan, pengguna dapat menonton paket di berbagai lapisan mengalir melalui jaringan dan melihat grafik dinamis metrik kinerja kritis. Statistik real-time juga merupakan pilihan, di mana Anda dapat melihat grafik dinamis sementara simulasi skenario jaringan berjalan.
  • QualNet Analyzer - Sebuah alat grafik statistik yang menampilkan ratusan metrik dikumpulkan selama simulasi skenario jaringan. Anda dapat memilih untuk melihat laporan pra-desain atau menyesuaikan grafik dengan statistik mereka sendiri. Laporan Multi-percobaan juga tersedia. Semua statistik yang diekspor ke spreadsheet dalam format CSV.
  • QualNet Packet Tracer - Sebuah alat grafis yang memberikan representasi visual dari paket jejak file yang dihasilkan selama simulasi skenario jaringan. Jejak file adalah file teks dalam format XML yang berisi informasi tentang paket karena mereka bergerak ke atas dan ke bawah protokol stack.
  • QualNet Berkas Editor – Sebuah alat mengedit teks
  • QualNet Command Line Interface - Command line akses ke simulator 


QualNet memungkinkan pengguna untuk:
  • Desain model protokol baru
  • Mengoptimalkan model baru dan yang sudah ada
  • Desain jaringan kabel dan nirkabel besar menggunakan model pra-dikonfigurasi atau pengguna yang dirancang
  • Menganalisis kinerja jaringan dan melakukan apa-jika analisis untuk mengoptimalkan mereka

Fitur utama dari QualNet yang mengaktifkan menciptakan lingkungan jaringan virtual adalah:
 
Kecepatan
QualNet dapat mendukung kecepatan real-time untuk mengaktifkan software pada lingkaran, emulasi jaringan, dan pemodelan manusia pada lingkaran. Kecepatan lebih cepat memungkinkan pengembang Model dan desainer jaringan untuk menjalankan beberapa "apa-jika" analisis dengan memvariasikan model jaringan, dan parameter lalu lintas dalam waktu singkat.

Skalabilitas
QualNet dapat model ribuan node dengan mengambil keuntungan dari perangkat keras dan komputasi paralel teknik terbaru. QualNet dapat berjalan di cluster, multi-core, dan multi-prosesor sistem untuk model jaringan besar dengan kesetiaan yang tinggi.

Model Fidelity
QualNet menggunakan implementasi yang berdasarkan standar yang sangat rinci model protokol. Ini juga mencakup model canggih untuk lingkungan nirkabel untuk memungkinkan pemodelan yang lebih akurat dari jaringan dunia nyata.

Portabilitas
QualNet dan perpustakaan model berjalan di sejumlah platform, termasuk sistem operasi Windows dan Linux, didistribusikan dan klaster arsitektur paralel, dan platform kedua 32 dan komputasi 64-bit. Pengguna sekarang dapat mengembangkan model protokol atau desain jaringan di QualNet pada desktop atau laptop komputer Windows dan kemudian mentransfernya ke multi-prosesor server Linux yang kuat untuk menjalankan kapasitas, kinerja, dan skalabilitas analisis. 

Kemungkinan diperpanjang
QualNet dapat terhubung ke perangkat keras dan perangkat lunak aplikasi lainnya, seperti OTB, jaringan nyata, dan perangkat lunak visualisasi pihak ketiga, untuk lebih meningkatkan nilai dari model jaringan.



referensi : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar