Powered By Blogger

Selasa, 21 Oktober 2014

SALAH SATU PROFIL PERUSAHAAN IT DI BIDANG TELEKOMUNIKASI

PROFIL PERUSAHAAN PT FIRST MEDIA TBK.

Profil Perusahaan

            PT First Media Tbk, sebelumnya bernama PT Broadband Multimedia Tbk, adalah perusahaan publik Indonesia yang terdafatr di Bursa Efek Indonesia. First Media menyediakan jasa layanan internet pita lebar, televisi kabel, dan komunikasi data, yang secara keseluruhan diperkenalkan sebagai “Triple Play”. Jaringannya meliputi Jabodetabek, Surabaya dan Bali.
            First Media merupakan anak perusahaan Grup Lippo. First Media juga memegang penuh kepemilikan saham PT Ayunda Prima Mitra yang menguasai 80% saham PT Direct Vision, perusahaan yang mengoperasikan jasa televisi satelit Astro Nusantara. Astro Nusantara sendiri tidak beroperasi lagi sejak 20 Oktober 2008.
            Pada tahun 2008, First Media memiliki sekitar 180.000 pelanggan internet dan sekitar 130.000 pelanggan televisi. Jaringan serat optik First Media memiliki panjang 2.597 Km yang tersebar di Jabodetabek, Surabaya dan Bali. First Media menargetkan satu juta rumah akan terjangkau jaringan mereka sebelum awal 2009.
            Saat ini First Media Memiliki dan Mengoperasikan teknologi jaringan kabel Hybrid Fiber-Coasial (‘HFC’) dua arah pada frekuensi 870 Mhz yang memiliki ujung terminal di Jakarta (Citra Graha), Bali (Denpasar), dan Surabaya (Gubeng). Digitalisasi memungkinkan kompresi data yang lebih besar untuk ditransmisikan melalui kabel, dengan demikian meningkatkan kapasitas kabel untuk melakukan transmisi internet berkecepatan tinggi, hingga mampu mentransmisi 100 saluran TV secar serempak, serta volume data yang sangat besar yang diperlukan demi kelancaran aplikasi beberapa industri.
            Pada tahun 2006, First Media secara bertahap mulai mengalihkan jaringan kabelnya menjadi digital, dan pada akhir 2007 telah dilaksanakan hingga 70% dari keseluruhan jaringan, dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2008. Pada akhir tahun 2007, Jaringan kabel First Media menjangkau 3.700 Kilometer, dengan kabel ke rumah sejumlah 400.000 dan penetrasi lebih dari 35% dan terus bertambah.

Visi dan Misi Perusahaan

Visi perusahaan
            Menjadi perusahaan penyelenggara jasa Megamedia terpadu terkemuka di Indonesia yang mengandalkan teknologi Internet pita lebar yang kian berkembang guna menciptakan nilai tambah kepada para pemegang saham. Visi First Media mencakup landasan Enam-C yang terpadu yaitu 
  • Cable TV – Multi Channels Interactive TelevisioN
  • Computer – Layanan Broadband Internet
  • Communication – Layanan Data Komunikasi
  • Content – Konten untuk Internet dan TV
  • Channels – Memproduksi “In-House Channel”
  • Commerce – TV Home Shopping dan Internet E-Commerce


Misi Perusahaan
  • Menjadi pelopor di bidangnya
  • Mengutamakan kompetensi dan profesionalisme
  • Fokus pada pelanggan
  • Menjadi pilihan utama untuk berkarir
  • Warga usaha yang bertanggung jawab.
Riwayat Perusahaan

Tabel Riwayat PT First Media Tbk.





Teknologi yang Digunakan

            Saat ini First Media Memiliki dan Mengoperasikan teknologi jaringan kabel Hybrid Fiber-Coasial (‘HFC’) dua arah pada frekuensi 870 Mhz yang memiliki ujung terminal di Jakarta (Citra Graha), Bali (Denpasar), dan Surabaya (Gubeng). Digitalisasi memungkinkan kompresi data yang lebih besar untuk ditransmisikan melalui kabel, dengan demikian meningkatkan kapasitas kabel untuk melakukan transmisi internet berkecepatan tinggi, hingga mampu mentransmisi 100 saluran TV secar serempak, serta volume data yang sangat besar yang diperlukan demi kelancaran aplikasi beberapa industri.
            Pada tahun 2006, First Media secara bertahap mulai mengalihkan jaringan kabelnya menjadi digital, dan pada akhir 2007 telah dilaksanakan hingga 70% dari keseluruhan jaringan, dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2008. Pada akhir tahun 2007, jaringan kabel First Media menjangkau 3.700 Kilometer, dengan kabel kerumah sejumlah 400.000 dan penetrasi lebih dari 35% dan terus bertambah.

Produk First Media
  • FastNet


            Fastnet masih merupakan layanan sambungan Internet tercepat yang menawarkan hrga berlangganan paling kompetitif di Indonesia dewasa ini. Lebih dari 60 ribu pelanggan baru berhasil dijaring oleh FastNet yang semakin populer di kalangan pengguna jasa broadband internet berlangganan pada tahun 2010. Sejak diluncurkannya tiga tahun silam, layanan FastNet First Media berhasil menggalang lebih dari 172 ribu pelanggan hingga akhir tahun 2010, menunjukan pertumbuhan yang signifikan dengan pertumbuhan CAGR sebesar 61% dari 2007-2010.
            Pertumbuhan yang signifikan ini berjalan seiring dengan laju permintaan untuk layanan Internet pita lebar berkecepatan tinggi, terutama di Jakarta, yang semakin meningkat tajam dalam beberapa tahun silam terakhir.Hal ini menjadikan layanan sambungan Internet berlangganan First Media yang mengandalkan jaringan pita lebar berkecepatan tinggi dalam arti yang sesungguhnya – bak layaknya sebuah jasa yang hadir di saat yang tepat, dalam kemasan yang sangat memikat. Tarif berlangganan mulai dari Rp 195 ribu perbulan untuk sambungan 24 jam dengan kapasitas kecepatan yang tidak dibatasi, tetap menjadikan FastNet layanan Internet yang paling menarik dan paling terjangkau di Indonesia untuk keperuan rumah tangga dewasa ini.
            Sekalipun telah unggul dan terdepan dikelasnya, First Media Tbk tidak lantas berpangku tangan dengan keberhasilan FastNet, melainkan terus berupaya menambah daya tarik FastNet dengan serangkaian penawaran yang menarik, kegiatan pelanggan yang memikat, serta product bundling bersama layanan TV-berbayar HomeCable First Media. Antara lain dengan menawarkan FastNet 20 Mbps di akhir tahun 2010. First Media meluncurkan layanan FastNet Kids yang menawarkan sambungan Internet yang melindungi anak-anak dibawah usia dewasa dari situs-situs dewasa yang tidak sesuai dengan konsumsi anak-anak. Hal ini adalah salah satu contoh dari kegiatan First Media yang proaktif untuk senantiasa memenuhi kebutuhan pelanggan. Sikap yang proaktif tersebut berdampak  positif terhadap tingkat penjualan FastNet di tahun 2010, yang kiranya masih akan dapat ditingkatkan lagi pada tahun tahun mendatang seiring dengan pesatnya tingkat pertumbuhan pengguna layanan internet berlangganan, khususnya di wilayah yang terjangkau oleh jaringan digital First Media.
            Saat ini FastNet tersedai dalam beragam paket kecepatan mulai dari 1Mbps hingga 20 Mbps per satuan sambungan internet, untuk keperluan download/upload file audio dan video streaming, sera mengakses situs-situs yang mengandung banyak unsur gambar maupun grafis.
            Produk FastNet dikemas dalam beberapa paket sebagai berikut.

·         FastNet Express, kecepatan maksimum 1,5 Mbps
·         FastNet SOHO, kecepatan maksimum 1.500 Kbps
·         FastNet Premium, kecepatan maksimum 3 Mbps
·         FastNet Profesional, kecepatan maksimum 6 Mbps
·         FastNet Ultimate, kecepatan maksimum 10 Mbps
·         FastNet Safe Kids, kecepatan maksimum 1 Mbps
·         FastNet Kids, kecepatan maksimum 512 Kbps

  •  HomeCable



         HomeCable adalah stasiun televisi kabel berlangganan. HomeCable merupakan merek dagang baru untuk 2 produk First Media sebelumnya, Kabelvision dan Digital1. Selain saluran televisi, HomeCable juga menyediakan saluran radio. First HD menjadi layanan televisi kabel pertama di Indonesia yang menggunakan format High Definition (HD).Layanan First HD diluncurkan pada 1 September 2010. Dengan biaya tambahan sebesar Rp 100.000, pelanggan akan mendapatkan2 saluarn HD yaitu ESPN HD dan HBO HD
            Saat ini HomeCable mengembangkan teknologi digital dalam menyiarkan salurannya. Teknologi ini merupakan teknologi yang sebelumnya dipergunakan oleh Digital1. Sinyal digital yang digunakan memakai standar Digital Video Broadcasting (DVB).
            Sebelumnya, KabelVision (pendahulu HomeCable) menggunakan sistem kabel yang tersambung langsung pada antena di atas rumah. Dari satu sambungan itu, semua televisi yang tersambung dengan antena dapat menikmati layanan TV berlangganan. Sejak 2006, Kabelvision tidak lagi mengembangkan sistem analog yang sudah ada menjadi digital. Setiap televisi harus mempunyai masing masing satu dekoder yang berfungsi menerima sinyal dari pusat untuk mengirimkannya kepada televisi yang digunakan untuk HomeCable.
            Peralatan penerima memakai alat pengubah (converter) bermerek Eastern Electronics  tipe se-830. Alat ini berfungsi untu mengubah signal digital menjadi signal audio analog dan signal video analog. Alat pengubah ini juga dilengkapi kartu pintar (Smart Card) untuk sistem akses dengan kondisi tertentu dari Nagravision. Untuk menghubungkan dengan TV dipergunakan penghubung / konektor RCA atau S-video. Pengubah dapat pula dihubungkan ke sistem pengeras suara dengan memakai penghubung SPDIF.

  • DataComm

      DataComm menyediakan layanan data komunikasi untuk korporasi atau bisnis. Layanan ini didukung oleh salah satu jaringan backbone digital serat optik yang paling luas di kawasan Metropolitan Jakarta. Layanan ini kini mendukung 303 sambungan jaringan yang disewakan kepada hampir 200 pelanggan di sektor perbankan dan jasa keuangan, berbagai korporasi maupun lembaga pemerintahan. First Media juga merupakan penyedia tunggal layanan data komunikasi bagi sistem JATS Remote Trading Bursa Efek Indonesia yang memungkinkan para pialang saham untuk melakukan perdagangan efek secara remote dari kantor mereka masing-masing lewat jaringan serat optik. DataComm mempunyai 2 jenis layanan, yaitu First Metro dan FastNet Corporate.


Nilai-Nilai Perusahaan

·         Semangat dalam bekerja
·         Disiplin dalam pelaksanaan
·         Kualitas dalam pelayanan
·         Inovasi dalam pengembangan
·         Agresif dalam penetrasi pasar
·         Perhatian terhadap masyarakat dan lingkungan

Strategi Usaha

·       Memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi khususnya teknologi internet          pita lebar digital berkecepatan tinggi – untuk menghadirkan layanan  Megamedia terpadu dengan harga yang terjangkau di Indonesia.
·       Senantiasa menjadi yang pertama di Indonesia dalam mengadopsi terobosan          teknologi terkini, dalam rangka mengupayakan lompatan kedepan bagi    
FirstMedia, sekaligus menyediakan jasa dan produk yang superior kepada pelanggan.
·       Mengupayakan efisiensi usaha secara terus menerus untuk menjadi penyelenggara jasa Megamedia bermutu tinggi dengan biaya yang efektif serta kompetitif.

sumber :www.firstmedia.com/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar