Pada postingan kali ini, saya akan menganalisis suatu objek 3D yang menggunakan software OpenGL.
Kata
"desain" memiliki arti perencanaan dalam pembuatan sebuah objek,
sistem, komponen atau struktur. Sedangkan "pemodelan" adalah
membentuk suatu benda-benda atau obyek. Dan "grafik" adalah
persentasi visual pada sebuah permukaan seperti dinding atau layar komputer.
Desain
Pemodelan Grafik merupakan ilmu yang mempelajari sebuah proses untuk membuat dan
menciptakan objek baru berupa seni terapan, arsitektur dan berbagai pencapaian
kreatif lainnya yang direkayasa oleh perangkat lunak sebagai tahapan awal untuk
pembuatan sekaligus memanipulasi objek dan citra.
Melalui
konsep dan proses desain, keseluruhan objek bisa diperlihatkan secara 3
dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3 dimensi
atau 3D modelling.
OpenGL (Open
Graphics Library) adalah standar API yang dapat digunakan untuk membuat
aplikasi berbasis grafik, baik dua dimensi (2D) maupun tiga dimensi (3D). OpenGL
ini bersifat cross-platform, artinya dapat dijalankan pada berbagai platform
sistem operasi yang ada saat ini.
Untuk
membuat aplikasi menggunakan OpenGL, terlebih dahulu kita membutuhkan
suatu konsepsi interfacing dalam implementasinya pada proteksi objek.
Salah satu cara yang sudah umum digunakan adalah dengan membuat window-based
OpenGL.
OpenGL mendukung lighting, shading,
texture, mapping, blending, transparancy, dan banyak kemampuan efek
khusus lainnya.
OpenGL mempunyai banyak fungsi dan
penggunaan perintah yang sangat luas. Penggunaan OpenGL membutuhkan library
tambahan yang harus di letakkan pada direktori sistem dari windows (OS).
Analisis
Disini saya akan menganalisis
tentang Aplikasi pembuatan berupa simulasi pesawat terbang.
Dalam pembuatan objek tersebut, tiap-tiap
bagian pesawat dibuat terpisah lalu digabungkan menjadi satu.
Setelah telah terbentuk objek-objek,
agar tampilan lebih menarik objek yang telah dibuat tadi diberi warna. Dan
untuk membuat objek rumput dan jalan menggunakan objek dasar plan yag
diatur skalanya lalu beri tekstur yang dipilih.
Cukup sekian
analisa dari saya mengenai pemodelan grafik OpenGL. Semoga dapat memberikan
wawasan dan dapat dipelajari dengan baik pula oleh teman-teman sekalian. Terima
kasih.
Sumber :
http://download.portalgaruda.org/article.php?article=15705&val=1028
http://ahmadnurihsan.wordpress.com/2010/09/29/artikel-ilmu-tentang-desain-pemodelan-grafik/
ijin sharing blog artikel opengl, ada 100 lebih artikel dan source code
BalasHapushttp://heriadyblog.blogspot.co.id/2015/12/belajar-visual-c-game-programming-opengl.html